Fungsi & Tugas Personalia

                                        Job vector flat design. Human resources work content clip transparent

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, fungsi manajemen personalia sangat dibutuhkan untuk membantu pengeloaan perusahaan dengan baik. Di mana, dengan pengelolaan yang baik, perusahaan akan lebih mudah berkembang. Berikut adalah beberapa fungsi manajemen personalia dalam kegiatan operasional bisnis.

Pengadaan

Fungsi pertama manajemen personalia adalah menyediakan karyawan atau sumber daya manusia dalam jumlah tertentu dengan berbagai keahlian yang dibutuhkan sesuai kebutuhan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Tujuan tersebut menyangkut suatu masalah pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi serta juga penempatan kerja.

Pengembangan

Manajemen personalia juga dapat membantu meningkatkan keahlian serta keterampilan tenaga kerja melalui tahap pendidikan serta pelatihan. Biasanya hal tersebut dilakukan pada saat terdapat tenaga kerja yang baru, sebab kebanyakan dari mereka merupakan tenaga kerja yang masih belum siap pakai.

Pemberian Kompensasi

Manajemen personalia dapat memberi penghargaan yang adil dan layak bagi karyawan sesuai dengan peran dan pencapaian karyawan dalam perusahaan. Pemberian kompensasi terhadap karyawan ini bisa bersifat finansial seperti kenaikan gaji maupun non finansial berupa tunjangan-tunjangan seperti tunjangan kesehatan.


Pengintegrasian


Yang dimaksud dengan integrasi pada fungsi ini yaitu penyesuaian antara perbedaan kepentingan perusahaan dengan pegawai secara individu agar dapat bekerja sama secara harmonis dalam mencapai tujuan perusahaan.

 Pemeliharaan

Pemeliharaan karyawan berhubungan dengan usaha-usaha demi mempertahankan keberlangsungan dari kondisi kerja yang telah efektif melalui kelima fungsi manajemen personalia. Umumnya terdapat dua hal yang harus dipertahankan yaitu sikap positif pegawai terhadap tugas yang diberikan serta melalui proses komunikasi yang baik pada organisasi, Selain itu juga dengan mempertahankan kondisi fisik para pegawai melalui program kesehatan dan keamanan.

Karena bagian personalia berhubungan secara langsung dengan semua hal yang menyangkut karyawan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, maka tugas bagian manajemen personalia meliputi.
a. Membuat anggaran tenaga kerja yang diperlukan;
b. Membuat job analysis, job description, dan job spesification;
c. Menentukan dan memberikan sumber-sumber tenaga kerja;
d. Mengurus dan mengembangkan proses pendidikan karyawan
e. Mengurus seleksi tenaga kerja
f.  Mengurus soal-soal pemberhentian (pensiun);
g. Mengurus soal-soal kesejahteraan

Komentar

Postingan Populer