Fungsi & Tugas Personalia
Dalam menjalankan kegiatan bisnis, fungsi manajemen
personalia sangat dibutuhkan untuk membantu pengeloaan perusahaan dengan baik.
Di mana, dengan pengelolaan yang baik, perusahaan akan lebih mudah berkembang.
Berikut adalah beberapa fungsi manajemen personalia dalam kegiatan operasional
bisnis.
Pengadaan
Fungsi pertama manajemen personalia adalah menyediakan
karyawan atau sumber daya manusia dalam jumlah tertentu dengan berbagai keahlian
yang dibutuhkan sesuai kebutuhan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis.
Tujuan tersebut menyangkut suatu masalah pemenuhan kebutuhan tenaga kerja,
proses seleksi serta juga penempatan kerja.
Pengembangan
Manajemen personalia juga dapat membantu meningkatkan
keahlian serta keterampilan tenaga kerja melalui tahap pendidikan serta
pelatihan. Biasanya hal tersebut dilakukan pada saat terdapat tenaga kerja yang
baru, sebab kebanyakan dari mereka merupakan tenaga kerja yang masih belum siap
pakai.
Pemberian Kompensasi
Manajemen personalia dapat memberi penghargaan yang adil dan
layak bagi karyawan sesuai dengan peran dan pencapaian karyawan dalam
perusahaan. Pemberian kompensasi terhadap karyawan ini bisa bersifat finansial
seperti kenaikan gaji maupun non finansial berupa tunjangan-tunjangan seperti
tunjangan kesehatan.
Pengintegrasian
Yang dimaksud dengan integrasi pada fungsi ini yaitu
penyesuaian antara perbedaan kepentingan perusahaan dengan pegawai secara
individu agar dapat bekerja sama secara harmonis dalam mencapai tujuan
perusahaan.
Pemeliharaan
Pemeliharaan karyawan berhubungan dengan usaha-usaha demi
mempertahankan keberlangsungan dari kondisi kerja yang telah efektif melalui
kelima fungsi manajemen personalia. Umumnya terdapat dua hal yang harus
dipertahankan yaitu sikap positif pegawai terhadap tugas yang diberikan serta
melalui proses komunikasi yang baik pada organisasi, Selain itu juga dengan
mempertahankan kondisi fisik para pegawai melalui program kesehatan dan
keamanan.
Karena bagian personalia berhubungan secara langsung dengan
semua hal yang menyangkut karyawan, baik dari segi kualitas maupun
kuantitasnya, maka tugas bagian manajemen personalia meliputi.
a. Membuat anggaran tenaga kerja yang diperlukan;
b. Membuat job analysis, job description, dan job
spesification;
c. Menentukan dan memberikan sumber-sumber tenaga kerja;
d. Mengurus dan
mengembangkan proses pendidikan karyawan
e. Mengurus seleksi tenaga kerja
f. Mengurus soal-soal pemberhentian (pensiun);
g. Mengurus soal-soal kesejahteraan
Referensi :
Komentar
Posting Komentar